Minggu, 14 Juni 2015

PENDALAMAN MATERI PAI AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH

BAB I
PENDAHULUAN


A. Tujuan Pembelajaran Akidah Akhlak di MI
Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI ang mempelajari tentang rukun iman yang dikaitkan dengan pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab Islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan al-akhlakul karimah dan adab Islami dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta Qada dan Qadar.
Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan sejak dini oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.
Mata pelajaran Akidah Akhalak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam. 
B. Ruang Lingkup Materi Akidah Akhlak di MI
Mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah berisi pelajaran yang dapat mengarahkan kepada pencapaian kemampuan dasar peserta didik untuk dapat memahami rukun iman dengan sederhana serta pengamalan dan pembiasaan berakhlak Islami secara sederhana pula, untuk dapat dijadikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya.
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
1. Aspek akidah (keimanan) meliputi:
a. Kalimat thayyibah sebagai materi pembiasaan, meliputi: Laa ilaaha illallaah, bsamalah, alhamdulillah, subhanallah, Allahu Akbar, ta’awudz, maasya Allah, assalamu’alaikum, salawat, tarji’, laa haula walaa quwwata illa billah, dan istighfar.
b. Al-asma’ al-husna sebagai materi pembiasaan, meliputi: al-Ahad, al-Khaliq, ar-Rahman, ar-Rahiim, as-Sami’, ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamid, asy-Sakuur, al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, al-‘Azhiim, al-Kariim, al-Kabiir, al-Malik, al-Bathiin, al-Walii, al-Mujiib, al-Wahhab, al-‘Aliim, ash-Zhaahir, ar-Rasyiid, al-Haadi, as-Salaam, al-Mu’min, al-Latiif, al-Baaqi, al-Bashiir, al-Muhyi, al-Mumiit, al-Qawii, al-Hakiim, al-Jabbaar, al-Mushawwir, al-Qadiir, al-Ghafuur, al-Afuww, ash-Shabuur, dan al-Haliim.
c.   Iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat tayyibah, al-asma’ al-husna dan pengenalan terhadap shalat lima waktu sebagai manifestasi iman kepada Allah.
d. Meyakini rukun iman (iman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan Hari akhir serta Qada dan Qadar Allah).


2.  Aspek akhlak meliputi:
a. Pembiasaan akhlak karimah (mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: disiplin, hidup bersih, ramah, sopan-santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang, taat, rukun, tolong-menolong, hormat dan patuh, sidik, amanah, tablig, fathanah, tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.
b. Mengindari akhlak tercela (madzmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik, dan murtad.
3.  Aspek adab Islami, meliputi:
a. Adab terhadap diri sendiri, yaitu: adab mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah, berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain.
b. Adab terhadap Allah, yaitu: adab di masjid, mengaji, dan beribadah.
c.   Adab kepada sesama, yaitu: kepada orang tua, saudara, guru, teman, dan tetangga.
d. Adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan.
4.  Aspek kisah teladan, meliputi: Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan, Nabi Sulaiman dengan tentara semut, masa kecil Nabi Muhammad SAW, masa remaja Nabi Muhammad SAW, Nabi Ismail, Kan’an, kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS, Tsa’labah, Masithah, Ulul Azmi, Abu Lahab, Qarun, Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus, dan Nabi Ayub. Materi kisah-kisah teladan ini disajikan sebagai penguat terhadap isi materi, yaitu akidah dan akhlak, sehingga tidak ditampilkan dalam Standar Kompetensi, tetapi ditampilkan dalam Kompetensi Dasar dan Indikator. 

BAB II
PEMBAHASAN
PENDALAMAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

A. Standar Kompetensi (SK) 
1. Beriman kepada takdir Allah
B. Kompentensi Dasar (KD)
1.1 Mengenal adanya qada dan daqar Allah (takdir)
C. Indikator
1.1 Mendefinisikan pengertian qada dan qadar
1.2 Memberikan contoh qada dan qadar 
1.3 Membedakan ketentuan baik dan buruk Allah Swt. 
D. Materi: Beriman Kepada Takdir Allah
Perasaan seorang mukmin bahwa seluruh kejadian di dunia ini tidak akan lepas dari kekuasaan Allah. Dia dapat memberikan ketentraman dalam hatinya. Tidak selayaknya seseorang menjadi panik atau cemas menghadapi perkara-perkara yang di luar kemampuannya. Seandainya seseorang menyadari ketentuan Allah yang tidak dapat diganggu gugat, maka tidak ada tempat untuk menyesal, mencela, dan sedih atau cemas. Sehingga, pada akhirnya, kita mampu mengahadapi dunia ini dengan penuh keyakinan dan keberanian. Tidak ada keraguan dalam melangkah karena kita yakin berada di jalan yang benar.
1. Arti Qada dan Qadar
Allah telah berkehendak untuk menciptakan makhluk dan Dia yang menentukan dengan Qadar dan sifat tertentu. Allah Swt. Berfirman sebagai berikut. 
t,n=yzur ¨@à2 &äóÓx« ¼çnu£s)sù #\ƒÏø)s? ÇËÈ   
Artinya: 
… dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat. (QS. Al-Furqan:2).
Allah mengetahui terhadap apa yang akan terjadi pada makhluk-makhluk-Nya. Dia memerintahkan kepada al-Qalam (pena) agar menulis di lauh mahfuz apa yang akan terjadi hingga hari kiamat. Semua benda yang bergerak dan diam yang ada di jagad raya ini adalah atas kehendak Allah Swt. Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi. Sebaliknya, yang tidak dikehendaki-Nya pasti tidak akan terjadi.
Kelahiran, kematian, warna kulit, dan bentuk wajah adalah ketentuan Allah yang tidak bisa kita tawar. Kita tidak dapat menetukan kelahiran kita sendiri, warna kulit, dan bentuk wajah. Ketentuan Allah yang sudah ditentukan Allah pada zaman azali disebut qada. Adapun ketentuan Allah yang ditetapkan-Nya atas manusia setelah berusaha dan berdo’a disebut qadar. Allah telah menentukan umur, rezeki dan kematian manusia. Akan tetapi, manusia diberi hak untuk menetukan pilihan-pilihan hidupnya. Jika ingin pandai, ia harus belajar. Jika ingin kaya, maka ia harus bekerja. Jika ingin sukses, maka ia harus bersungguh-sungguh.
Apa perbedaan qada dan qadar? Pertanyaan ini bisa membantu untuk menjawab. Suatu ketika kalian ingin pergi ke kota X. Ada dua jalan dari desamu untuk sampai ke sana. Yang satu, jalannya berliku-liku, terjal serta jauh. Sedangkan jalan yang satunya, jaraknya lebih pendek dan halus. Kira-kira kalian pilih jalan yang mana? Tentu pilih jalan yang mudah dan cepat. Pilihan seperti inilah contoh dari qadar. Sedangkan untuk masalah sampai atau tidaknya, selamat atau tidaknya kalian ketika melewati jalan itu menjadi kehendak Allah. Kalian diberi kemampuan memilih jalan yang cepat dan mudah. Qadar Allah dapat diketahui setelah ada ikhtiar. Ikhtiar ialah bersungguh-sungguh dalam berusaha untuk memperoleh hasil yang paling baik.
Qada dan qadar Allah disebut dengan takdir Allah. Kita wajib beriman pada takdir Allah sebab beriman kepada takdir termasuk rukun iman yang keenam. Nabi Muhammad Saw. Bersabda yang artinya sebagai berikut.
“Yang dimaksud beriman ialah bahwa kamu percaya kepada Allah, para malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan takdir yang baik maupun yang buruk”. (HR. Muslim). 
Takdir adalah rahasia Allah. Tak seorang pun yang dapat mengetahuinya. Barangsiapa yang mengimani qada dan qadar, maka ia akan berusaha untuk menghindari bahaya. Misalanya, ia menepati keharusan makan untuk menghindari bahaya sakit, melakukan kerja dan mencari rezeki untuk menghindari kemiskinan dan kelaparan.
Orang yang mengimani qada dan qadar Allah tidak akan putus asa ketika tertimpa suatu bencana. Juga tidak sombong ketika sukses. Manusia juga tidak boleh menyerah pada takdir. Bangsa yang terbelakang harus berusaha keras untuk dapat maju dan menguubah sifat malas, tidak disiplin, dan sembrono menjadi sifat yang bersemangat, disiplin dan teliti. Dengan demikian, bangsa itu menjadi maju dan berkembang. Perhatikan firman Allah berikut ini. 
3žcÎ) ©!$# Ÿw çŽÉitóム$tB BQöqs)Î/ 4Ó®Lym (#rçŽÉitóム$tB öNÍkŦàÿRr'Î/ 3 
Artinya:
… Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’d: 11).
Dengan demikian, seorang muslim harus bergembira dan selalu optimis menatap masa depannya sebab Allah akan memberikan takdirnya yang baik kepada hamba-Nya yang berprasangka baik kepada-Nya dengan sungguh-sungguh berikhtiar.


2. Ketentuan Baik dan Buruk Allah Swt.
Warna kulitmu, kebangsaanmu, orang tuamu, dan tempat kelahiranmu adalah takdir Allah yang sudah tidak dapat di tawar dan dihindari lagi. Semuanya di luar kesadaran dan pemikirannya. Inilah takdir Allah yang tetap dan sudah kita ketahui bersama. 
Sekarang bagaimana dengan orang yang berbuat baik dan jahat? Apakah perbuatan mereka juga termasuk takdir Allah? Apakah Allah yang menciptakan perbuatan atas manusia? Kalau begitu, layaklah orang yang berdosa karena takdir Allah mendapat siksa di neraka? Betul, ini takdir Allah juga. Takdir yang satu ini belum kita ketahui dan belum kita lakukan. Bukankah kita tidak tahu apa yang akan kita kerjakan esok?
Jika kita tidak tahu apa yang akan kita kerjakan esok nanti, kenapa kita merencanakan berbuat jahat? Bukankah manusia diberi otak oleh Allah untuk berpikir? Dengan otaknya, manusia dapat memilih untuk mengerjakan perbuatan yang baik dan menghindari yang jahat. Jika ternyata manusia itu memilih berbuat jahat, bukankah itu lari dari takdir yang baik? Tidak bisa dikatakan bahwa orang yang berbuat jahat itu karena memang ditakdirkan Allah berbuat jahat. Dan orang yang berbuat baik itu karena memang ditakdirkan Allah berbuat baik. Jadi, manusia itu diberi kebebasan untuk memilih. Apakah ia memilih jalan takwa atau jalan menuju dosa? Sedangkan, Allahlah yang menakdirkan manusia untuk dapat melakukan suatu perbuatan.
Adapun dalam kehidupan sehari-hari, kita harus menerima kenyataan bahwa Allah menciptakan nasib manusia berbeda-beda. Ada yang menjadi pejabat, guru, petani, dan buruh. Tidak mungkin manusia ditakdirkan semuanya mempunyai nasib yang sama. Jika semua manusia menjadi pegawai, siapa yang akan menanam padi? Yang kita lakukan adalah bertawakal kepada Allah. Berusaha dan berdo’a meraih prestasi yang terbaik, sedangkan hasilnya kita serahkan kepada Allah.
Beriman kepada qada dan qadar mempunyai pengaruh yang besar pada kehidupan seorang mukmin, yaitu sebagai berikut.
a. Keberanian, pantang mundur, dan tidak tunduk kepada kekuatan siapa pun di dunia ini.
b. Terbebas dari penyakit tinggi hati sebab ia hanya cuma mampu berusaha, sedangkan yang memberi keberhasilan adalah Allah.
c. Sabar dan tidak putus asa.
d. Tenang dalam mengarungi kehidupan sebab segala sesuatu berjalan sesuai dengan takdir Allah. Dia Maha Mengetahui, sementara manusia tidak mengetahuinya.
e. Semangat dalam beramal, bekerja, dan bertawakal kepada Allah.

E. Latihan
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1. Terhadap kenikmatan yang diberikan Allah, kita harus....
a. Bersyukur
b. Acuh tak acuh
c. Menuntut terus
d. Tidak pernah puas

2. Ketentuan Allah yang terjadi sejak zaman azali disebut ....
a. Qadar
b. Takdir
c. Qada
d. Lauh mahfuz

3. Ketetapan Allah atas manusia setelah manusia berikhtiar disebut ....
a. Qadar
b. Takdir
c. Qada
d. Lauh mahfuz

4. Berikut ini adalah buah beriman kepada qada dan qadar, kecuali ....
a. Kesabaran 
b. Kelelahan
c. Keberanian
d. Optimis 

5. Allah akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu ....
a. Beribadah terus menerus
b. Berdo’a saja
c. Mengubah apa yang ada pada dirinya
d. Kaya raya

6. Kita harus .... Jika kita diuji Allah dengan kesusahan dan kesempitan.
a. Sabar 
b. Bangga
c. Senang
d. Rendah hati

7. Percaya kepada qada dan qadar membuahkan sikap di bawah ini, kecuali ....
a. Sabar 
b. Optimis
c. Berani
d. Rendah diri

8. Berikut ini pernyataan yang benar tentang takdir, kecuali ....
a. Manusia tidak perlu bersusah payah untuk berbat kebaikan karena perbuatan baik dan buruk sudah ditetapkan Allah
b. Manusia dapat mengubah nasibnya jika ia juga mengubah apa yang ada pada dirinya
c. Manusia harus berikhtiar, sedangkan Allah yang menentukan
d. Manusia diberi kebebasan untuk memilih perbuatan baik atau buruk karena ia diberi akal oleh Allah.

9. Keistimewaan manusia dibanding makhluk lainnya adalah diberi Allah ....
a. Tubuh yang kuat 
b. Akal pikiran
c. Insting
d. Pendengaran yang tajam


10. Manusia dapat membedakan mana yang buruk dan mana yang baik dengan menggunakan .....
a. Penglihatan yang kuat
b. Akal pikiran
c. Insting
d. Pendengaran yang tajam

11. Berusaha dengan sekuat tenaga untuk memperoleh hasil yang memuaskan disebut ....
a. Berdo’a 
b. Tawakkal 
c. Ikhtiar
d. Beramal saleh

12. Selain berusaha dengan sekuat tenaga, amalan yang mesti dikerjakan adalah ....
a. Berdo’a 
b. Berpikir
c. Merenungkan nasibnya
d. Menyalahkan takdir

13. Allah menuliskan takdir atas makhluk-makhluk-Nya di ....
a. Akhirat
b. Langit
c. Kuburan
d. Lauh mahfuz

14. Sikap kita terhadap takdir Allah adalah .....
a. Menyerah dengan keadaan
b. Ikhtiar 
c. Pasrah
d. Berdo’a terus menerus agar Allah mengabulkan

15. Di bawah ini merupakan kunci-kunci kesuksesan, kecuali ....
a. Optimis
b. Bersabar
c. Pasrah dengan keadaan
d. Pantang menyerah

16. Ketika sakit, seharusnya kita ....
a. Menyerah dengan keadaan
b. Berobat
c. Pasrah
d. Menunggu datangnya kematian

17. Berikut ini adalah sikap yang harus kita hindari dalam menghadapi takdir, keccuali ....
a. Menyerah dengan keadaan
b. Pesimis
c. Pasrah dengan nasib
d. Optimis 

18. Yang dapat mengetahui takdir manusia adalah ....
a. Allah saja
b. Allah dan malaikat-Nya
c. Allah, malaikat, dan para Nabi
d. Allah dan para Nabi

19. Orang yang berbuat jahat itu berarti ia .... ddari takdir yang baik.
a. Menjumpai
b. Lari 
c. Menemui
d. Menginginkan 

20. Berikut ini merupakan penyebab kegagalan hidup manusia, kecuali .... 
a. Pesimis
b. Optimis
c. Bermalas-malasan
d. Menyerah dengan keadaan
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Apa pengertian takdir?
2. Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang mengatakan bahwa ia berbuat jahat karena Allah menakdirkan demikian?
3. Apa yang harus dilakukan oleh manusia terhadap takdir Allah?
4. Sebutkan dua contoh takdir Allah!
5. Sebutkan dua buah iman kepada takdir Allah!
6. Apa pengertian qada? (hanya pengertian qada saja sedangkan qadarnya tidak)
7. Berikan dua macam contoh qada! (contoh qadarnya tidak ada)
8. Apa yang harus dilakukan manusia terhadap kenikmatan pemberian Allah? (soalnya sama dengan pilihan ganda no. 1 dan tidak terdapat pada materi).
9. Apa pengertian tawakal itu? (tidak ada di materi dan tidak membahas masalah ini).
10. Apa yang harus kita lakukan agar nilai ulangan kita bagus? 
F. Analisis Pembahasan
1. Sk dan KD
Pada bab ini membahas tentang “Beriman kepada takdir Allah” yaitu pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI berdasarkan pada buku Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah kelas VI yang ditulis oleh Wiyadi dan diterbitkan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Dibagian SK yang terlampir di buku tersebut kami melihat bahwa SK-nya sudah sesuai dengan lampiran permenag nomor 2 tahun 2008, tidak ada perubahan. Begitu juga dengan KD-nya, tidak ada perubahan dari yang terlampir di buku. Artinya, apabila kita sama arah sama tujuan maka apa yang kita harapkan dalam pembelajaran tersebut tentunya akan menuai hasil yang bagus sesuai dengan yang dicita-citakan.
2. Indikator
Untuk indikator apabila semakin luas atau semakin dikembangkan maka makin besar peluang mencapai indikator minimal. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur.
Fungsi Indikator
Indikator memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan SK-KD. Indikator berfungsi sebagai berikut :
a. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indikator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta lingkungan.  
b. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan indikator yang dikembangkan, karena indikator dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi.  
c. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar
Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indikator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal. 
d. Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar
Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar. Pengembangan indikator penilaian harus mengacu pada indikator pencapaian yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan SK dan KD. 



Merumuskan Indikator
Dalam merumuskan indikator perlu diperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut:
a. Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga indikator
b. Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam SK dan KD. Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.
c. Indikator yang dikembangkan harus menggambarkan hirarki kompetensi.
d. Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pembelajaran.
e. Indikator harus dapat mengakomodir karakteristik mata pelajaran sehingga menggunakan kata kerja operasional yang sesuai. Contoh kata kerja yang dapat digunakan pada mata pelajaran fiqih yaitu mendemonstrasikan shalat shubuh bisa dipakai untuk pelajaran tersebut. Namun, apabila kata mendemonstrasikan tersebut digunakan pada materi qada dan qadar kami rasa hal tersebut tidak sesuai dengan karakteristik mata pelajaran tersebut.
Untuk indikator pada KTSP ini dibuat sendiri oleh penulis berdasarkan pada tujuan yang dicanangkan oleh pemerintah dan berdasarkan beberapa pertimbangan dalam menentukannya seperti yang telah diuraikan di atas. Jadi, membuatnyapun tidak sembarangan akan tetapi berdasarkan pada pedoman yang ada.
3. Materi
Untuk materi “Beriman Kepada Takdir Allah” di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah pada bab 3 ini, kami rasa sudah cukup mengena kepada tujuan dari materi tersebut dan dilihat dari sisi psikologis anak kami rasa sudah sesuai dengan tingkat kematangan berfikir anak yang sudah bisa berfikir abstrak, sehingga pembelajaran yang disuguhkan dapat diterima peserta didik.
Materi yang tersaji pada buku Aqidah Akhlak tersebut diuraikan secara sederhana. Hal ini sesuai dengan KD, karena hanya untuk memberikan pengenalan saja kepada siswa mengenai adanya qada dan qadar serta pemahaman dengan sederhana. 
Kemudian untuk alokasi waktu yang disediakan yaitu 6 jam pelajaran (3 x pertemuan) kami rasa sudah cukup untuk menguasai materi ini. 
4. Metode
Setiap pengajaran diperlukan metode-metode untuk menyampaikan pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat dicapai dengan baik. Dalam hal ini metode pengajaran untuk mata pelajaran aqidah akhlak itu banyak sekali, dan bisa digunakan beberapa metode dalam satu kali pembelajaran. Diantara metode-metode tersebut adalah:
a. Metode Ceramah
Metode ceramah atau lecturing itu adalah suatu cara penyajian atau penyampaian informasi melalui penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap siswanya.
Metode ini merupakan metode mauidhoh hasanah agar dapat menerima nasehat-nasehat/pendidikan. Seperti yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. Kepada umatnya yaitu untuk beriman kepada Allah dan Rasulullah Saw.
b. Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi 
Yang dimaksud dengan pemberian tugas dan resitasi ialah suatu cara mengajar di mana seorang guru memberikan tugas-tugas tertentu kepada murid-murid, sedangkan hasil tersebut diperiksa oleh guru dan murid mempertanggung jawabkannya.

Pertanggung jawaban itu dapat dilaksanakan dengan cara:
1) Dengan menjawab test yang diberikan guru
2) Dengan menyampaikan ke muka berupa lisan
3) Dengan cara tertulis
c. Metode tanya jawab
Metode ini bertujuan agar anak didik memiliki kemampuan berfikir dan dapat mengembangkan pengetahuan yang berpangkal pada kecerdasan otak dan intelektualitas. Ini merupakan tujuan dalam aspek kognitif. Metode ini bisa dilakukan antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa.
5. Evaluasi
Dalam setiap proses belajar akan selalu terkandung di dalamnya unsur penilaian. Dalam wawasan penilaian akan dijumpai dua macam istilah, yaitu “pengukuran” (measurement) dan “penilaian” (evulation). Pengukuran adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan luas atau kuantitas dari sesuatu. Jadi, pengukuran pada dasarnya adalah kegiatan atau proses untuk menentukan kuantitas atau jumlah dari sesuatu. Sedangkan penilaian adalah suatu tindakan atau proses untuk menetukan nilai dari sesuatu/kualitas atau mutu dari sesuatu.
Dalam praktek, istilah penilaian itu mencakup pengukuran dan tes. Kalau kita melakukan penilaian, maka kita harus melakukan pengukuran dan dalam melakukan pengukuran harus menggunakan alat, yang disebut dengan tes. Penilaian merupakan bagian yang terpenting dari proses belajar mengajar. Tidak ada proses belajar mengajar yang bebas dari penilaian, tidak ada guru atau muridpun yang dapat menghindarinya. Orangtua pun tidak terlepas dari masalah penilaian itu, mereka juga berkepentingan atas penilaian tersebut. Jadi penilaian itu memang tidak terelakkan kehadirannya dan karena sekolah mempunyai tugas untuk mendidik anak sebagai pribadi yang utuh, maka sasaran penilaian yang dikenakan terhadap para murid tidak hanya terbatas pada aspek intelektual (ranah kognitif) dan aspek keterampilan (ranah psikomotor) saja, melainkan juga pada aspek sikap hidupnya (ranah afektif).
a. Ranah Kognitif
Ranah kognitif adalah ranah yang merupakan kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, dalam ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berpikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang tersebut adalah:
1) Knowledge (pengetahan/hafalan/ingatan)
Pengetahuan adalah kemampuan seseorang untuk mengingat kembali atau mengenali kembali tentang nama, istilah, ide, gejala, rumus-rumus dan sebagainya, tanpa mengharapkan kemampuan untuk menerapkannya.
2) Comprehension (pemahaman)
Tipe hasil belajar yang lebih tinggi daripada pengetahuan adalah pemahaman. Misalnya menjelaskan dengan susunan kalimatnya sendiri sesuatu yang dibaca atau didengarnya, memberi contoh lain dari yang telah dicontohkan. 
Pemahaman dapat dibedakan ke dalam tiga kategori:
Tingkat terendah adalah pemahaman terjemahan, mulai dari terjemahan dalam arti yang sebenarnya, misalnya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
Tingkat kedua adalah pemahaman penafsiran, yakni menghubungkan bagian-bagian terdahulu dengan yang diketahui berikutnya, membedakan yang pokok dan yang bukan pokok.
Pemahaman tingkat ketiga atau tingkat tertinggi adalah pemahaman ekstrapolasi. Dengan ekstrapolasi diharapkan seseorang mampu melihat dibalik yang tertulis, dapat membuat ramalan tentang konsekuensi atau dapat memperluas presepsi dalam arti waktu, dimensi, kasus, ataupun masalahnya.
Karakteristik soal-soal pemahaman sangat mudah dikenal. Misalnya mengungkapkan tema, topik, atau masalah yang sama dengan yang pernah dipelajari atau diajarkan, tetapi materinya berbeda. Mengungkapkan tentang sesuatu dengan bahasa sendiri termasuk ke dalam pemahaman terjemahan. Dapat menghubungkan hubungan antar unsur-unsur dari keseluruhan pesan suatu karangan termasuk ke dalam pemahaman penafsiran. Item ekstrapolasi mengungkapkan kemampuan di balik pesan yang tertulis dalam suatu keterangan atau tulisan. 
3) Application (penerapan)
Penerapan atau aplikasi adalah kesanggupan untuk menerapkan atau untuk menggunakan ide-ide umum, tata cara atau pun metode-metode, serta teori-teori, dalam situasi baru dan konkrit.
4) Analysis (analisis)
Analisis adalah kemampuan untuk merinci atau menguraikan suatu bahan dan merinci faktor-faktor penyebabnya dan mampu memahami hubungan di antara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan yang lainnya. 
5) Synthesis (sintesis)
Sisntesis adalah suatu kemampuan berpikir yang merupakan kebalikan dari psroses berpikir analisis. Sintesis merupakan suatu proses yang memadukan bagian-bagian atau unsur secara logis, sehingga menjelma menjadi suatu pola yang berstruktur atau terbentuk pola baru. 
6) Evaluation (penilaian)
Evaluasi merupakan jenjang berpikir paling tinggi dalam ranah kognitif. Evaluasi adalah kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu situasi, nilai atau ide; misalnya: jika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan, maka ia akan mampu memilih satu pilihan yang terbaik sesuai dengan patokan-patokan kriteria yang ada, dari segi ketepatgunaan, ketepatan waktu, dampak, dan sebagainya.

b. Ranah Afektif
Ranah afektif adalah ranah yang berkenaan dengan sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki penguasaan kognitif tinggi. Tipe hasil belajar afektif akan nampak pada murid dalam berbagai tingkah laku seperti: perhatiannya terhadap pelajaran, disiplin, motivasi belajar, menghargai guru dan teman sekelas, kebiasaan belajar dan hubungan sosial. 
c. Ranah Psikomotorik
Hasil belajar psikomotorik tampak dalam bentuk keterampilan dan kemampuan bertindak individu setelah ia menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar ini sebenarnya tahap lanjutan dari hasil belajar afektif. Berikut akan dilukiskan hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik:
Hasil Belajar Afektif
Hasil Belajar Psikomotorik
Kemauan untuk menerima pelajaran dari guru


Perhatian siswa terhadap apa yang dijelaskan oleh guru
Kemauan untuk menerapkan hasil pelajaran
Segera memasuki kelas pada waktu guru datang dan duduk paling depan dengan mempersiapkan kebutuhan belajar.
Mencatat bahan pelajaran dengan baik dan sistematis.
Melakukan latihan diri dalam memecahkan masalah berdasarkan konsep bahan yang telah diperolehnya atau menggunakannya dalam praktek kehidupannya.

Kami melihat dari soal-soal yang terlampir lebih ditekankan dan sangat menonjol pada domain kognitif. Domain afektif dan psikomotorik agak terabaikan, guru seperti dikejar dalam menyampaikan materi-materi dan siswa terus dijajal dengan pengetahuan-pengetahuan. Padahal sebenarnya dalam pendidikan agama Islam, tujuan evaluasi lebih ditekankan pada penguasaan sikap (afektif) dan psikomotorik dari pada aspek kognitif. Dampak yang terjadi akhir-akhir ini akibat dari hal itu lembaga-lembaga pendidikan menghasilkan lulusan yang kurang memiliki sikap positif sesuai dengan nilai yang berlaku dalam masyarakat dan kurang terampil untuk menjalani kehidupan di masyarakat lingkungannya. Oleh karena itu, kondisi ini perlu diperbaiki. Domain kognitif, afektif, dan psikomotorik perlu mendapat penekanan yang seimbang dalam proses pembelajaran dan penilaian.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dalam materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah khususnya pada materi Beriman Kepada takdir Allah ini terlihat lebih ditekankan untuk pencapaian pada ranah kognitif. Hal itu terlihat dari KD-nya yaitu mengenal adanya qada dan qadar Allah (takdir), penekanan pada nilai-nilai ajarannya yang ingin diambil tidak begitu ditekankan. 
Penulis berharap proses pembelajaran itu tidak hanya dinilai dari segi kognitifnya saja yang ditekankan oleh pemerintah tapi juga dari ranah afektif dan psikomotoriknya juga lebih diperhatikan sehingga timbul keseimbangan antara ketiganya agar tujuan yang sebenarnya dalam pendidikan Islam itu tercapai.



DAFTAR PUSTAKA


Lampiran Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008.

Mulyadi. Evaluasi Pendidikan, Malang, UIN MALIKI PRESS, 2010.

Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 1994.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Wiyadi. Akidah dan Akhlak untuk Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah, Solo, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar